Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1:44 AM
Manfaat Buah Naga - Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang namanya mirip dengan hewan ini, BUAH NAGA.Buah yang saat ini mudah kita temukan di toko buah biasa hingga di supermarket. Warnanya yang merah dengan daging buah yang lembut menggoda tentunya membuat semua orang tergoda untuk mencicipinya. Buah naga sebenarnya adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga  Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan,namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia utara dan Tiongkok selatan. Buah naga atau Hylocereus hanya akan mekar pada malam hari.

Dari perbedaan marga yang ada pada kaktus terdapat berbagai macam jenis buah naga yang dihasilkan, diantaranya :
§  Hylocereus undatus, menghasilkan buah naga berwarna merah dengan daging buah putih.
§  Hylocereus polyrhizus, menghasilkan buah naga berwarna merah muda dengan daging buah merah.
§  Selenicereus megalanthus, menghasilkan buah naga berwarna kuning dan daging buah putih.
§  Hylocereus costaricensis, menghasilkan buah naga dengan warna yang sangat merah.

Buah Naga


Selain mempunyai daging yang lembut dan rasa yang enak,buah naga memiliki berbagai kandungan yang membantu bagi kesehatan tubuh kita . Zat yang terkandung dalam buah naga diantaranya serat, protein, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B3, dan Vitamin B12. Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.

Dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam buah naga tersebut mampu memberi manfaat bagi tubuh kita. Manfaat itu diantaranya :

1. Menjaga Kesehatan Fungsi Kerja Jantung
Kandungan vitamin yang terdapat pada buah naga berupa vitamin C, B1, B2, dan B3 ternyata sangat baik untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Hasilnya akan semakin baik bila mengkonsumsi buah naga diimbangi dengan olahraga secara teratur seperti jalan sehat dan senam ringan.

2. Membentengi tubuh dari penyakit kanker
Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain mencegah zat antioksidan juga sangat baik bagi tubuh untuk membunuh sel kanker. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 500gr buah naga kemudian dijadikan jus dan dikonsumsi setiap hari secara teratur.

3. Mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh
kandungan gula darah yang berlebihan dalam tubuh dapat berdampak pada timbulnya penyakit diabetes melitus bagi tubuh. Namun anda jangan khawatir selain menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat,mengonsumsi buah naga juga dapat membantu mengatur dan menurunkan kandungan gula darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan imunitas tubuh
Di dalam buah naga terdapat kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada pada buah naga juga penting bagi anak pada masa pertumbuhan.

5. Menyehatkan kulit
Kandungan vitamin B3 terdapat pada buah naga dapat menghaluskan kulit caranya yaitu dengan menghaluskan buah naga yang telah dikupas kulitnya,hasilnya diletakkan didalam gelas,dan ambil airnya untuk dioleskan pada kulit yang ingin terlihat halus. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari.

6. Membantu kerja hati dalam hal penetralan zat-zat berbahaya bagi tubuh
Walaupun tubuh memiliki kemampuan untuk menetralkan racun berbahaya dalam tubuh,namun adakalanya tubuh tak mampu lagi menetralkan zat-zat berbahaya seperti merkuri, arsen, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin mampu membantu hati dalam menetralkan racun berbahaya bagi tubuh tersebut

7. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh
Jangan khawatir bagi anda pengidap kolesterol tinggi,hanya dengan mengonsumsi buah naga dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Berkat kandungan biji kecil-kecil yang ada dalam buah naga mampu menurunkan kandungan lemak baik dalam tubuh bahkan membunuh lemak jahat yang ada pada tubuh.

8. Membantu penderita hipertensi
Tekanan darah tinggi yang diderita setiap orang dapat diatasi dengan mengonsumsi buah naga. Kandungan nutrisi dalam buah naga dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

9. Merperlambat penuaan dini
Selain sebagai pencegah kanker,zat antioksidan dalam buah naga juga mampu menghambat penuaan dini. Zat antioksidan dalam buah naga juga tidak kalah dengan kandungan zat antioksidan dalam buah apel.

10. Membantu merawat mata
Selain wortel,buah naga yang memiliki kandungan karoten di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan pada mata.

11. Melancarkan pernafasan
Kabar baik bagi penderita asma dan batuk,dengan mengonsumsi buah naga dapat meringankan asma dan batuk bagi penderita.

12. Menguatkan tulang dan gigi
Dalam buah naga terdapat kandungan mineral berupa fosfor dan kalsium. Kandungan tersebut dapat membantu dalam pembentukan tulang,gigi,dan perkembangan sel sehingga menguatkan tulang dan gigi.

Nah,daripada mengonsumsi obat-obatan kimia yang hanya mengobati penyakit yang spesifik saja, sebaiknya kita beralih dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Selain rasanya yang menggoda tentunya buah naga juga memiliki segudang manfaat untuk mencegah berbagai penyakit bagi tubuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »